Contoh Proposal dan Kerangka Acuan Program Trias Usaha Kesehatan Sekolah (Trias UKS) Juwiter Menuju Sekolah Adiwiyata



Potret Sekolah Pra dan Pasca Program

Sahabat Kepo. Kepo itu bikin pinter lo. Karena kita kepo makanya kita tahu bagimana membuat proposal program Usaha Kesehatan Sekolah. Ini adalah contoh proposal program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang prihatin dengan minimnya terapan pelaksanaan UKS.

Contoh proposal ini diambil dari program Ekstrakurikuler Juwiter atau Jurnalisme Adiwiyata Bermitra.

 
Kerangka Acuan Program Training Of Trainer Trias UKS 

A.  PENDAHULUAN
Baik teknis dan terapan UKS selama ini hanya dikenal sebatas nama UKS atau pengetahuan terkait Trias UKS masih sangat minim. Dampaknya kemudian, sekolah yang tergolong peduli terhadap kesehatan biasanya hanya menyediakan Ruang UKS, alat-alat kesehatan, dan tim dari siswa yang biasa disebut Kader Kesehatan Remaja (KRR) atau Dokter Kecil.
Selain itu, tidak bisa dipungkiri, ketersediaan penunjang UKS tersebut, hanya berperan aktif apabila menjelang LOMBA atau PEMBINAAN KHUSUS saja. Di posisi yang sama, adanya mis atau perbedaaan pemahaman terkait UKS masih sangat terlihat. Jika disederhanakan UKS masih dipandang sebagai tugas dan tanggung jawab tenaga kesehatan saja.
Diposisi yang sama, sekolah juga kadang bimbang bagaimana menjalankan teknis dan terapan UKS. Terbukti dengan tidak adanya jadwal sesuai Trias UKS atau indikator terkait. Melihat kondisi tersebut, maka penting melaksanakan upaya bersama atau upaya bermitra agar semua pihak saling rangkul dan saling memahami terkait teknis atau pola kerjasama dalam menerapkan program UKS.

Baca Juga:


Sebelum penerapan di lapangan, diantara teknis yang penting dilakukan adalah melaksanakan aksi sukarela, bertemu, menyatukan misi dan mengembangkan solusi terkait teknis kerjasama pelaksanaan UKS sebagai bagian dari tahapan swadaya dan sosialisasi pengembangan program sekolah model binaan Dinas Kesehatan Lombok Timur secara berkesinambungan.
Upaya tersebut terinspirasi atau terpacu dari dasar pemikiran Kelompok Studi dan Ekstrakurikuler (KSE) Jurnalisme Adiwiyata Bermitra (Juwiter) yang merupakan inovasi atau konsep baru dalam Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang kedepannya diharapkan mampu memacu penerapan TRIAS UKS
Kegiatan ini juga bersipat swadaya sebagai upaya Pengembangan / Kaderisasi Sumber Daya Manusia (SDM) yang peduli pendidikan, kesehatan dan lingkungan hidup yang dalam terapannnya memiliki prinsip anggaran bukan halangan, maksudnya sebuah kegiatan yang membangun tak mesti berdasarkan APBN, APBD dan sejenisnya, namun bisa juga melalui anggaran dari semangat kepedulian dengan pola donasi dan partisipasi sosial.
         
B.  Tujuan
1)      Mengembangkan dan menyatukan teknis kerjasama dan tahapan pelaksanaan Trias UKS dari berbagai unsur (Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan Hidup)
2)      Menggalang Sumber Daya Manusia yang siap berpartisipasi mewujudkan terbentuknya Sekolah Model binaan Dinas Kesehatan menuju SekolahAdiwiyata
3)      Mendukung Inovasi dan Pengembangan upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) dalam hal ini terkait program Kelompok Studi dan Ekstrakurikuler (KSE) Jurnalisme Adiwiyata Bermitra (Juwiter).

C.   TAHAPAN PELAKSANAAN
1)      Waktu & Tempat
Kegiata ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari, 1 (satu) malam yaitu mulai dari ………, ……, ….. sampai ……, 9 …… 2016 di ……., Desa …….., Kecamatan ………., Kab. Lombok Timur.
2)      Sasaran Peserta
1.      Unsur PLS / Guru PAUD : 20 orang
2.      Unsur Dikdas / Guru SD dan SMP  : 40 orang
3.      Unsur Dikmen / Guru SMA/MA/SMK : 20 Orang
4.      Unsur Sekolah Kesehatan  : 20 Orang

3)      Nara Sumber 
Nara Sumber dari kegiatan ini adalah
1.      Dinas Kesehatan Lombok Timur
2.      Dinas Dikpora / Praktisi atau Pelaksana Sekolah Adiwiyata
3. Tim Jurnalisme Adiwiyata Bermitra (Juwiter)                                                                                 :
D.  AKOMODASI DAN PEMBIAYAAN
1)      Ketentuan Umum
1.      Peserta menginap selama 2 hari, 1 malam
2.      Akomodasi dan pembiayaan tersebut meliputi konsumsi, bantuan penyusuan petunjuk teknis pengembangan kerjasama program Trias UKS, Sekolah Model dan donasi/dukungan untuk pengembangan program KSE Juwiter.
3.      Peserta harus memenuhi kriteria untuk revitalisasi tujuan kegiatan.

2)      Ketentuan Khusus
Koordinasi dan pendaftaran peserta menghubungi / melalui ;
1.    Kepala Seksi UKI & Gunakes
2.    Penanggungjawab UKS Dikes Lotim  
3.    Panitia dari Tim Work Juwiter
4.    Dewan Pembina FPIPT Harus Sharing & KSE Juwiter
5.     
E.  OUTPUT
1.    Terbentuknya fasilitator yang berinovasi mengoptimalkan penerapan Trias UKS di masing-masing sekolah
2.    Terbentuknya Tim Work yang solid mendukung terbentuknya Sekolah Model binaan DINAS KESEHATAN menuju SEKOLAH ADIWIYATA.

F.   KHUSUS (KRITERIA PESERTA)
1.      Mengisi Formulir Pendaftaran
2.      Peserta berusia dibawah 27 tahun
3.      Peserta membawa surat tugas dari Kepala Sekolah untuk utusan sekolah dan surat izin orang tua wali untuk peminat.
4.      Peserta memiliki kemampuan public speaking, gesit, loyal, dan senang membangun potensi diri, alam dan jiwa (lingkungan)
5.      Konfirmasi dan biaya pendaftaran paling lambat pada tanggal ……………

G.      PENUTUP
          Demikian kerangka acuan ini dibuat sebagai petunjuk tekhnis Training Of Trainer Keswadayaan Program Trias UKS kab. Lombok Timur tahun .............. antar pihak terkait. Atas dukungan dan perhatiannya disampaikan terimakasih.